fbpx
Suara Peternakan

Inilah Kambing Lokal Indonesia

SUARAPETERNAKAN.COM – Kambing kacang merupakan kambing lokal Indonesia, memiliki nilai ekonomi dan disukai oleh petani, kontribusi ternak kambing terhadap total pendapatan pertanian untuk ruminansia kecil sangat substansial.

Produksinya juga memegang peranan penting untuk menumbuhkan aktivitas pendapatan sebagian besar petani kecil, selain menjadi sumber protein hewani untuk menunjang ketahanan pangan nasional.

Peternak kambing Indonesia yang masih berskala kecil perlu diusahakan secara komersial. Sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan peningkatan daya beli masyarakat. Kebutuhkan daging saat ini belum mencakupi permintaan, ditambah lagi kebutuhan acara ternak Qurban bagi yang beragama Islam.

Pengembangan bangsa kambing mengarah kepada dua produk utama (daging dan susu) bangsa kambing mampu beradaptasi sangat baik terhadap kondisi iklim yang beragam.

Upaya untuk mengoptimalkan potensi kambing kacang diawali dengan menginventarisasi berbagai sifat kualitatif, kuantitatif yang selanjutnya ditetapkan sebagai salah satu rumpun ternak nasional. Langkah ini dilakukan selain untuk mendapatkan legalitas formal secara nasional maupun internasional, juga sebagai upaya melestarikan sumber daya genetik ternak (SDGT) agar pemanfaatannya dapat dilakukan secara berkelanjutan. Saat ini, kambing kacang telah ditetapkan sebagai Rumpun kambing kacang berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2840/KPTS/LB,430/8/2012.

Sumber : http://www.litbang.pertanian.go.id

(Visited 100 times, 1 visits today)

Related Articles