fbpx
Suara Peternakan

Inilah Hewan yang Digunakan Sebagai Alat Transportasi Tradisional Berbagai Belahan Dunia

Suarapeternakan.com – Kehidupan manusia tidak lepas daripada interaksi baik jarak dekat maupun jauh. Untuk berinteraksi jarak jauh tentunya kita memerlukan sesuatu, sesuatu itu dapat berupa alat komunikasi maupun transportasi.

Bila hubungan jarak jauh dirasa belum memenuhi kepuasan, maka kita perlu jauh ke tempat orang yang ingin kita temui agar bisa bertatap muka langsung, atau bukan hanya untuk keperluan komunikasi tapi transportasi juga penting untuk keperluan Ekonomi.

Dengan adanya alat transportasi proses ekonomi bisa berjalan lebih cepat. Sebelumnya transportasi modern diciptakan,  pada zaman dahulu, manusia memanfaatkan hewan untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

Tujuannya bermacam ada yang sekedar ingin jalan-jalan, berdagang, berburu, berperang, bahkan pergi jauh untuk bertemu pujaan hati. Hewannya pun bermacam-macam tergantung keperluan pemakainya. Hewan-hewan apa saja yang ias dijadikan alat transportasi, hewan-hewan tersebut ada yang sudah umum diketahui maupun tidak.

Dilansir dari berbagai sumber berikut daftar hewan yang bisa dijadikan alat transportasi. Beberapa hewan-hewan itu digunakan untuk membantu manusia, khususnya sebagai alat transportasi.

Keledai

Keledai adalah hewan yang digunakan sebagai alat transportasi pada zaman dulu. Keledai digunakan sebagai alat transportasi oleh masyarakat di Timur Tengah sejak dulu. Dikenal sebagai hewan yang tidak agresif dan mampu memikul beban yang melebihi berat badannya. Karena itulah keledai digunakan untuk mengangkut barang dan orang.

Keledai tidak jauh berbeda fungsinya seperti sapi, kerbau, dan unta yang berfungsi sebagai pembawa barang baik barang dagangan maupun hasil pertanian.  Keledai juga sempat dijadikan kendaraan perang oleh bangsa Sumeria di Mesopotamia sana. Walaupun terlihat lemah dan bersuara cempreng, hewan ini tangguh.

Kuda

Kuda, dianggap sebagai hewan tunggangan bagi manusia dan menjadi hewan penarik beban sejak ribuan tahun lalu. Kuda dipilih karena kuat melakukan perjalanan jarak jauh dan larinya cepat. Hewan berkaki empat dan berambut gondrong ini , juga menjadi hewan yang banyak dijadikan alat transportasi sejak jaman purba.

Banyak suku bangsa yang menjadikan berkuda sebagai bagian kebudayaan leluhurnya. Kuda tidak hanya dipakai untuk bepergian namun  dipakai untuk membajak sawah , berperang serta berburu. Sebab kuda gak bisa dengan mudah ditemukan di seluruh belahan dunia.

Zebra

Masih sekelas kuda, bedanya hanya di coraknya saja. Barangkali kamu mencari tumpangan yang lebih artistik, zebra bisa menjadi alternatif.

Burung Onta

Burung Onta merupakan burung terbesar di bumi. Burung ini termasuk burung yang bisa dilatih, termasuk dilatih jadi kendaraan. Dahulu burung ini banyak digunakan sebagai alat transportasi kereta sebagaimana kuda, tapi mereka makhluk yang mudah lelah dan marah. Kini mereka banyak digunakan di tempat untuk ditunggangi dan dibalapkan.

Onta

Onta menjadi alat transportasi yang tangguh untuk menyusuri gurun pasir atau padang es, Lebih lambat daripada kuda, tapi bisa bertahan tanpa makan dan minum selama berhari-hari. Hewan ini biasa dipakai untuk membawa barang-barang dagangan termasuk barang dagangan selundupan. Masyarakat timur tengah dan India menggunakan onta juga sebagai kendaraan perang .

Sapi / Kerbau

Sapi atawa kerbau bisa digunakan untuk membajak sawah. Selain itu hewan-hewan ini biasa digunakan untuk membawa barang karena mereka lebih kuat bila diibaratkan dengan kendaraan sekarang sapi merupakan sejenis mobil tronton. Pada zaman dulu sekitar 20 tahun kebelakang di jawa masih banyak ditemukan sapi yang digunakan untuk membawa hasil panen.

Zebroid

Zebroid adalah keturunan dari zebra tapi merupakan hasil persilangan dengan spesies lainnya. Jadi kadang corak garisnya hanya di sebagian tubuhnya saja.

Rusa

Rusa memang sering digunakan di daerah bersalju sebagai alat transportasi untuk menarik atau membawa barang. Jika pengendara/penumpangnya gak terlalu berat atau memang rusanya lebih besar darinya, barulah rusa bisa dinaiki.

Rusa hewan yang bertanduk cantik siapa yang tak terpana melihatnya. Rusa biasanya digunakan bapak Santa Claus untuk mengirim hadiah kepada anak-anak. Penggunaan rusa sebagai sarana transportasi banyak digunakan di belahan bumi utara termasuk siberia dan mongolia. Orang Finlandia menggunakan rusa dengan memakai sledge seperti anjing untuk tujuan pariwisata

Anjing

Manusia di daerah arktik sudah mempunyai hubungan yang baik dengan anjing pada 4000 tahun yang lalu, tapi entah kapan orang-orang memanfaatkan anjing sebagai sarana transportasi. Sejak 1873 kepolisian Kanada menggunakan Sled Anjing untuk bepergian dan patroli di padang es kutub utara. Pada masa sekarang sled anjing banyak digunakan untuk ajang pariwisata dan olah raga rekreasi, orang-orang inuit masih menggunakan anjing sebagai sarana transportasi, seperti ke rumah saudara, teman , pacar dan untuk berburu.

Yak

Yak banyak ditemukan di daerah Himalaya di Asia Tengah, mulai dari daerah Tibet sampai Mongolia dan Rusia. Dalam keluarga hewan irisan dengan banteng, bison dan sapi. Yak adalah hewan yang termasuk jinak. Mereka bisa menjadi agresif ketika berkelahi dengan sesamanya, saling menyeruduk satu sama lain.

LIama

Llama berasal dari keluarga hewan yang sama dengan unta. Ada perbedaan fisik signifikan dengan unta, beberapanya adalah ia gak memiliki punuk tapi memiliki bulu keriting menyerupai domba. Lehernya panjang tapi tidak menekuk seperti unta. Hewan ini berasal dari Amerika Selatan. Ia digunakan sebagai hewan pengangkut barang oleh masyarakat Inka dan penduduk di sekitar pegunungan Andes. Semakin modern zamannya, ia bahkan dinaiki oleh orang.

Llama berfungsi sama layaknya keledai, sapi, atau onta. Mereka digunakan bukan hanya untuk manusia tapi juga bertugas membawa barang, banyak juga digunakan untuk trekking di gunung. Llama banyak digunakan di pegunungan Peru.

Gajah

Gajah ialah dia yang mempunyai kuping lebar dan hidung panjang bagai pinokio walaupun tidak berbohong. Inilah hewan terbesar di darat yang alhamdulillah kita semua bisa masih melihatnya. Gajah biasa dipakai untuk keperluan ekonomi dan pariwisata pada sekarang ini. Gajah biasa dipakai untuk membawa kayu hasil tebangan di hutan, dan dijadikan alat transportasi untuk bersafari.

Dulu gajah banyak dijadikan sebagai kendaraan perang yang cukup ditakuti karena tubuhnya yang besar dan daya rusaknya yang tinggi. Seperti yang kaum muslimin ketahui Abrahah terkenal dengan tentara bergajahnya saat menyerang kota Mekah.

(Visited 29 times, 1 visits today)

Related Articles