fbpx
Suara Peternakan

Inilah 8 Peternakan Sapi Terbesar Dunia yang Terdapat di Australia

Suarapeternakan.com РPeternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut.  Peternakan tidak terbatas hanya pemeliharaan saja. Beternak bertujuan untuk mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajeman dan faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.

Berdasarkan ukuran hewan ternak, bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau dan kuda, sedang kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci, dan lain-lain.

Australia dengan lahan yang luas, ternak dapat bebas makan di area rerumputan, rumput yang tersedia dapat difermentasi dan menggunakan teknologi sederhana tetapi aplikatif. Berbeda dengan peternakan di Indonesia, lahan sempit sehingga ternak harus dibuatkan kandang sempit supaya tidak bebas bergerak. Lahan sempit, justru harus mempekerjakan karyawan banyak karena ternak harus diberi makan oleh manusia. Sehingga mengakibatkan pemborosan di pakan, pemborosan di tenaga kerja dan minim atau bahkan tanpa penggunaan teknologi.

Australia memiliki 250 juta hektar padang rumput yang dapat digunakan untuk merumput. Hebatnya, Australia memiliki 8 dari 10 peternakan terbesar di dunia.

Untuk itu sekiranya  para pengusaha ternak sapi perlu mencoba mengadopsi ternak sapi di Australia. Australia merupakan pemasok terbesar sapi dan daging sapi ke Indonesia. Tak mengherankan, karena populasi sapi di negara tersebut sangat banyak.

Melansir dari berbagai sumber, berikut Delapan peternakan sapi terbesar di Australia dan merupakan petenakan terbesar dunia.

Peternakan Anna Creek Station

Anna Creek mengawasi 6.000.000 hektar, ukuran tanah yang lebih besar dari Israel. Lebih dari 17.000 ekor sapi dipelihara di sini untuk memenuhi permintaan daging sapi, menjadikan peternakan ini produsen sapi potong terbesar di dunia.

istimewa

Salah satu peternakan milik keluarga Kidman bernama Peternakan Anna Creek Station, juga tercatat sebagai pemilik lahan terluas dan sekitar separuh lahannya terletak di dalam kawasan Woomera Prohibited Area (WPA) di Australia Selatan.

Anna Creek adalah sebuah padang ternak terkenal di Australia Selatan, dekat Gurun Simpson antara Coober Pedy dan Danau Eyre. Wilayah ini mencakup hampir 24.000 kilometer persegi. Sebagai perbandingan, luas Israel jika dibulatkan hampir 21.000 kilometer persegi, dan peternakan terbesar di Amerika hanya lebih dari 3.300 kilometer persegi.

Bahkan, mungkin ada hampir seratus stasiun ternak di Australia yang lebih besar dari peternakan Amerika terbesar. Peternakan Australia sangat besar disebabkan iklim benua di sana. Sebagian besar stasiun ternak terletak di utara dan wilayah tengah Australia Outback.

Di mana, iklimnya sangat kering dan vegetasinya sangat jarang, sehingga diperlukan sejumlah besar peran negara untuk mendukung ternak yang cukup untuk mencari nafkah. 

Peternakan Clifton Hills

istimewa

Peternakan Clifton Hills yang juga berlokasi di Australia Selatan dan bekerja di 4.200.000 hektar. Lahan ternak sapi potong ini didirikan pada tahun 1876 ketika hanya dipelihara 1.000 sapi.

Fokus diproduksi hewan ternak seperti domba dan sapi, setidaknya ada 14.000 ekor hewan di sini. Carlton Hill, Kununurra, Australia, seluas kurang lebih 475.000 hektar, mampu menampung 50.000 ekor sapi.

Peternakan sapi Carlton Hill dikelola oleh perusahaan peternakan Consolidated Pastoral Company (CPC), yang memiliki 20 peternakan lebih di Australia. CPC juga memiliki perusahaan penggemukan di Indonesia yakni berada di daerah Lampung.

Untuk menuju ke peternakan Carlton Hill harus menumpuh perjalanan cukup jauh dari Bandara Kununurra. Kendaraan yang membawa rombongan harus melewati jalan tak beraspal yakni berupa tanah pengerasan. Untungnya, sepanjang jalan yang dilewati mulus dan rata walau tak beraspal.

Jalan pengerasan sepanjang perjalanan rutin di keruk oleh kendaraan berat. Selain itu, sepanjang perjalanan mata seolah di manjakan dengan pemandangan hamparan savana dan tebing khas Carlton Hill. Sesekali di sepanjang perjalanan terlihat kanguru berlarian, burung elang dan gagak yang terbang ke sana kemari.

Butuh waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke lokasi peternakan dari Bandara Kununurra. Sampai ditujuan, memang tak terlalu terlihat bahwa ini lokasi peternakan. Karena hanya ada beberapa puluh ekor sapi yang ada di kandang.

Di peternakan ini, memproduksi sekitar 15.000-20.000 ekor sapi setiap tahunnya. Sapi-sapi yang diproduksi sebagian besar di ekspor ke Asia dan Timur Tengah, melalui pelabuhan. Salah satu pintu ekspor sapi melalui pelabuhan Darwin.

Peternakan Alexandria

Mengikuti Clifton Hills, adalah pertanian Alexandria dengan 4.000.000 hektar. Peternakan penghasil sapi ini terletak di Northern Territory dan telah dimiliki oleh Perusahaan Pastoral Australia Utara sejak 1877. 50 karyawan tinggal di properti itu dan merawat 55.000 sapi yang merumput di sini. Dalam beberapa tahun terakhir, properti ini mengalami banjir pada dua kesempatan terpisah.

Jangan heran kenapa daging sapi Australia sering diimpor ke berbagai negara. Karena negara ini punya banyak peternakan sapi.

Peternakan Davenport Downs

Davenport Downs adalah properti terbesar Paraway dan stasiun ternak terbesar di Queensland.   Ini terdiri dari dua properti asli; Davenport Downs, dibeli pada 2009, dan Springvale, dibeli pada 2011. Bersama-sama, agregasi membentuk operasi penggemukan lembu jantan seluas 1,5 juta hektar dengan kapasitas untuk mengangkut lebih dari 29.000 ekor. Davenport adalah kunci pas dalam operasi ternak Paraway dan menerima sebagian besar ternaknya dari properti pemuliaan Paraway di wilayah utara.

Davenport adalah negara yang didominasi oleh rumput dan saluran Mitchell. Selain jaringan bor, Sungai Diamantina dan Sungai Farrahs transek properti. Selain menyediakan sumber air sepanjang tahun, saluran air ini biasanya membanjiri sekitar seperempat properti selama musim hujan, menghasilkan pasokan pakan yang andal.

Rumah induk utama terletak di Davenport Downs, yang lengkap dengan tempat tinggal dan pondok staf, dapur staf, dan klub rekreasi.

Peternakan Home Valley

Peternakan Home Valley di Australia Barat memiliki luas 1,4 hektar. Memproduksi ratusan ekor sapi untuk dikirim ke berbagai negara. Peternakan ini sudah ada sejak tahun 1957.

Peternakan Wave Hill

Melipir ke Utara Australia ada peternakan Wave Hill yang terbentang di lahan 1,3 hektar dan pertama kali beroperasi di tahun 1883. Kini peternakan ini bisa memproduksi 50.000 ekor sapi.

Peternakan Marion Downs

Terakhir ada peternakan Marion Downs di Queensland, Australia di lahan seluas 1,2 hektar dengan total 15.000 ekor sapi. Uniknya ribuan sapi ini hanya dikelola oleh 15 orang saja.

Peternakan Innamincka

Dengan luas 1,3 hektar peternakan Innamincka di Australia Selatan, memiliki 13.000 ekor sapi yang diternak di sana. Peternakan ini sudah beroperasi sejak tahun 1872.

(Visited 119 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *