fbpx

Humanika Unhas Gelar Lomba Tingkat Nasional Phinisi VI 2020 dan Webinar Nasional

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

PRESS RELEASE

TETAP BERKARYA DITENGAH PANDEMI HUMANIKA UNHAS GELAR LOMBA TINGKAT NASIONAL PHINISI VI 2020 DAN WEBINAR NASIONAL

Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak mengadakan kegiatan nasional yaitu Pekan Ilmiah Humanika Nasional (PHINISI) VI pada 7 November 2020 dan Webinar Nasional pada 12 November 2020. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dari Humanika-UH dan berskala nasional. Pada kegiatan ini diadakan secara daring via Zoom  Meeting dengan acara utama Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Webinar Nasional dengan rincian sebagai berikut :

Lomba Lomba Karya Tulis diikuti oleh 15 peserta yang tersebar dari seluruh Indonesia dan diseleksi masing-masing Karya Tulis Ilmiahnnya hingga bersisa 10 besar. 10 besar inilah yang akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu final presentasi yang dilaksanakan pada sabtu, 7 November 2020 via Zoom. Dan pengumuman juara akan diumumkan bersamaan dengan Webinar Nasional yakni 12 November 2020. Adapun 10 besar finalis PHINISI VI ini berasal dari Universitas Hasanuddin, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Universitas Palangkaraya, Universitas Diponegoro, Universitas Udayana, dan Universitas Andalas. Adapun juara 1,2,3 dan favorit PHINISI VI 2020 Juara Satu diraih oleh Tim Rahmatillah dari Universitas Hasanuddin, Juara dua diraih oleh tim I Dewa Made Gede Yudiarta dari Universitas Udayana, Juara ketiga diraih oleh tim Munawwara Ildana dari Universitas Hasanuddin, dan Juara Favorit diraih oleh tim Dina Rizga Marcelina dari Universitas Diponegoro

Webinar Nasional PHINISI VI 2020 dilaksanakan pada Kamis, 12 November 2020 via Zoom  mengangkat tema : “Kompetensi Sumber Daya Manusia Peternakan dalam Dunia Kerja. Adapun  Narasumber berasal dari berbagai profesi dalam bidang Peternakan.

Pertama dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dr. Nasrullah, M.Sc dalam hal ini diwakili oleh Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ir. Sugiono, MP. Beliau mengangkat materi Kebijakan, Strategi, dan Program Pengembangan Ternak di Indonesia sebagai peluang SDM Peternakan. Adapun poin penting dari penyampaian Bapak Ir. Sugiono, MP ialah “Sektor Peternakan adalah salah satu sector yang unggul dalam hal pangan untuk memproduksi ternak. Dalam hal produksi peternakan kita sudah terpenuhi”. 

Kedua dari Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir-UH dalam hal ini Abdullah Sanusi, SE., MBA., Ph.d. Beliau mengangkat materi Persiapan Karir Alumni Peternakan dalam menghadapi Persaingan Dunia Kerja. Adapun poin penting dari Penyampaian bapak Abdullah Sanusi ialah “Semakin banyak Alumni Unhas maka semakin banyak tuntutan untuk mencari kebutuhan kerja yang sesuai dengan backgroundnya. Maka dari itu DAPK memiliki banyak program yang tertuang dalam Hasanuddin Carrer Program”

Ketiga dari Pelaku Usaha Peternakan-Pertanian/Direktur PT. Sawi Indonesia Jaya, Dr. Ir. Machmud Achmad, MMA. Beliau mengangkat materi Kebutuhan Kompetensi yang Diperlukan dalam Dunia Kerja. Adapun poin penyampaian bapak Machmud ialah “hal yang paling dibutuhkan dalam bekerja di suatu perusahaan ialah Etika, Softskil, dan menguasai ilmu pengetahuan berdasarkan apa yang dipelajarinya.

Keempat General Manager Umum Capital PT. Chareon Pokphand Indonesia, Makassar, Baso Alim Bahri S.Psi., M.adm. SDA. Beliau mengangkat materi Kebutuhan Kompetensi yang diperlukan dalam Industri Peternakan. Adapun poin penyampaian dari bapak Baso Alim ialah “Masih sangat dibutuhkannya sarjana peternakan dalam Industri Peternakan mengingat Industri ini tetap akan terus berjalan karena berkaitan dengan pangan dan perlu diperhatikan juga kompetisi lulusannya yang lebih mengutamakan soft skill.

Para naraasumber membawakan materi sesuai kompetensi dan latar belakangnya masing-masing. Peserta/Participant dari Webinar Nasional PHINISI VI 2020 ini yakni berjumlah ± 300 orang dan peserta menyimak dengan baik dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Webinar ini menjadi akhir dari rangkaian acara PHINISI VI 2020 HUMANIKA-UH. Sampai jumpa di PHINISI VII-2021.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

(Visited 15 times, 2 visits today)