fbpx
Suara Peternakan

Humanika Fapet Unhas Selenggarakan LKTI Pekan Ilmiah Nasional

SuaraPeternakan.com – Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Humanika ) Universitas Hasanuddin (Unhas) selenggarakan LKTI Pekan Ilmiah HUMANIKA Sains Nasional (PHINISI) V 2019. Presentasi peserta dilaksanakan pada 27 April 2019 dan dilajutkan Field Trip pada 28 April 2019.

Adapun tema PHINISI kali ini adalah “Peran Pemuda dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 untuk Mengoptimalkan Potensi dan Kearifan Lokal dalam Sektor Peternakan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas yang diwakili oleh Kepala Biro Kemahasiswaan Unhas Andi Darwin.

Turut hadir juga Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan Alumni dan Kemitraan FaPet Unhas, Prof Dr Jasmal A Syamsu dan Ketua Departeman Nutrisi dan Makanan Ternak Dr Rohmiyatul Islamiyati.

Prof Dr Jasmal A Syamsu mengatakan, phinisi adalah lomba karya tulis ilmiah nasional sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan sejak tahun 2015, dan tahun 2019 adalah phinisi ke-V. Phinisi bertujuan sebagai wadah bagi mahasiswa peternakan dalam mempresentasikan karya ilmiah sebagai salah satu bentuk kegiatan penalaran ilmiah diperguruan tinggi.

“Diharapkan dengan phinisi akan terjalin pula jejaring kerjasama antar mahasiswa peternakan di Indonesia,”ujarnya.

Acara Phinisi ini diikuti oleh 11 perguruan tinggi di Indonesia yaitu Universitas Andalas, Univ Sumatera Utara, Univ Sriwijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pajajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Airlangga, Universitas Pembangunan Veteran, Universitas Ahmad Dahlan, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan Universitas Hasanuddin.

Kegiatan Phinisi dengan dua item yang dilombakan yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Debat Ilmiah Peternakan.

Kegiatan ini sebagai wadah untuk generasi muda Indonesia dalam menumbuhkan ide dan inovasi kreatif yang dapat diimplementasikan melalui pengembangan IPTEK, ekonomi kreatif dan pengembangan potensi daerah di Indonesia.

Kegiatan “PHINISI” dilaksanakan dalam rangka menghimpun gagasan baru dan bermanfaat dalam dunia peternakan serta dapat direalisasikan melalui kegiatan ini dapat memberikan inovasi serta sumbangsih mahasiswa khususnya mahasiswa peternakan dalam pembangunan peternakan yang ramah lingkungan dan berkesinambungan.

Adapun sub tema dalam kompetensi karya ilmiah tersebut adalah kesehatan ternak, teknologi, energi, lingkungan, ekonomi dan sosial budaya. Peserta dari kalangan mahasiswa aktif jenjang D3 dan S1 dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Peserta Finalis debat yaitu 12 finalis : Fidella ivana H.F (Universitas Andalas), Latifah Rahmawati (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta), Ahmad Muafi (Universitas Airlangga), Aleks (Universitas Andalas), Diana Rahmawati (Universitas Sebelas Maret), LAtif Solihin (Universitas Sriwijaya), Muhammad Padila (Universitas Padjajaran), Munawwara Ildana (Universitas Hasanuddin), Naufal Asyiri Banuarli (Universitas Hasanuddin), Reski Amalia (Universitas Hasanuddin), Teuku Raya Mahesa (Universitas Siliwangi)

Finalis LKTI Phinisi 2019 : Jalaluddin (Universitas Hasanuddin), Aulia Fadlyah (Politeknik Negeri Ujung Pandang), Feronika Nur Magfira (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim), Rizhal Akbar Jaya P (Universitas Sebelas Maret), Andima Setiawan (Universitas Sumatera Utara), HAsburrahman Winachir (Universitas Hasanuddin), Khoirunisa (Universitas Brawijaya), Muhammad Risky Pratama (Universitas Sriwijaya), Muhammad Bagus Pribadi (Universitas Andalas), Adi Setiana (Institu Pertanian Bogor).

Adapun witing list finalis LKTI Phinisi 2019 adalah Muhammad Faizal (Universitas Hasanuddin), Geraldo Fidelis Sipayung (Universitas Padjajaran), Indra wijaya (Universitas Padjajaran), Ahmad Faris Al Mubarok (Universitas Jember), Ihlasul Amal (Pilteknik ATI Makassar)

Sumber: SuaraPeternakan.com

(Visited 208 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *