fbpx
Suara Peternakan

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Daging

SUARAPETERNAKAN.COM – Salah satu sumber protein terbesar ternak adalah daging, meskipun harganya mahal namun daging ini banyak diminati. Daging segar akan membuat kualitas masakan kamu lebih baik. Tidak hanya itu daging segar juga lebih sehat dan tentu saja bebas dari berbagai penyakit.

Dalam memilih daging dipasar ada beberapa yang perlu diperhatikan. Karena karakteristik kualitas daging didukung oleh faktor sensoris, factor nutrisi, factor higienitas dan teksilogitas. Warna daging harus merah segar, berbau tidak terlalu amis, mengandung protein yang tinggi, mengandung lemak, vitamin serta memiliki asam amino yang tinggi, tidak berjamur, tidak ditumbuhi kapang serta memiliki nilai pH yang normal.

Sedangkan ciri-ciri daging yang tidak berkualitas biasanya berwarna merah pucat, berbau sangat amis, berjamur, memiliki nilai pH yang tinggi, struktur daging merapat dan ada pula yang mengandung air yang tinggi.

Keragaman komposisi kimiawi daging pada hewan dapat terjadi karena perbedaan jenis, turunan, kelamin, umur, pengaturan gizi, dan tempat otot dalam tubuh ternak. Diperkirakan komposisi kimia daging sebagai berikut:
1. Air berkisar antara 65-80 persen
2. Protein berkisar antara 16-22 persen
3. Myofibril 9,5 persen
4. Myosin 5,0 persen
5. Aktin myosin 2,0 persen
6. Tropomiosin 0,8 persen
7. Troponin 0,8 persen

Hindari untuk membeli daging beku, meskipun tidak semua daging beku sudah tidak segar namun kualitasnya tentu berbeda. Jika memang kamu terpaksa membeli daging beku, hindari daging yang ada bunga esnya, karena hal tersebut menunjukkan daging sudah disimpan dalam waktu yang lama.

(Visited 20 times, 1 visits today)

Related Articles