fbpx
Suara Peternakan

Fakultas Peternakan Unhas Menggelar ICAST ke 3 Secara Virtual

Suara Peternakan – Makassar.  Peternakan merupakan subsektor yang memiliki peran strategis dalam perekonomian dan pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Peran strategis tersebut mengacu pada fungsi produk peternakan sebagai sumber protein yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Permintaan produk peternakan saat ini dan yang akan datang cenderung meningkat dari hari ke hari. Hal ini disebabkan semakin meningkatnya pemahaman tentang konsumsi protein hewani dari ternak. Salah satu sumber protein yang potensial adalah dari ternak lokal. Ternak lokal akan meningkatkan kesejahteraan peternak jika dikembangkan secara profesional.

The 3 rd  Konferensi ICAST Internasional dengan tema “Animal Production and Sustainable Agriculture for Food Security in the Tropical Environment” Diharapkan berdampak pada peningkatan pemahaman akan pentingnya ternak lokal Indonesia yang merupakan kekayaan Indonesia yang harus dilestarikan.

Selanjutnya subsektor peternakan dapat digunakan sebagai penggerak perekonomian daerah dan nasional. Hal tersebut diharapkan dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin sebagai salah satu pemangku kepentingan dalam bisnis peternakan terus berupaya untuk berkontribusi dalam mengembangkan teknologi yang arif dan bijaksana. Melalui seminar internasional mencoba merangkum perkembangan teknologi berupa teknologi asli, kearifan lokal dan kesejahteraan hewan serta teknologi terkini menjadi rangkaian teknologi yang mampu menjaga keberlangsungan hidup manusia.

ICAST Seminar 2020 merupakan rangkaian seminar internasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018 (The 1 st  ICAST 2018) dan (The 2 nd ICAST 2019). Seminar sebelumnya telah menghasilkan publikasi dalam prosiding internasional  seri Scopus  terindeks: Earth and Environmental Sciences (EES) dan diterbitkan oleh penerbit  Institute of Physics (IOP) . Seminar 1st ICAST 2018 dipublikasikan pada EES volume 247 tahun 2019, sedangkan prosiding 2nd ICAST 2019 dipublikasikan pada EES volume 492 tahun 2020.

Berbeda dengan acara ICAST sebelumnya yang dilakukan secara offline, atau presentasi secara langsung atau bertatap muka dengan peserta seminar.  Saat ini, kegiatan ini dilakukan secara daring atau online.

ICAST berlangsung pada tanggal 3 november 2020, yang akan dibuka oleh Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dan dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc., IPU.

Dimana pada acara ini akan menghadirkan Keynote Speakers dari 4 (empat) negara yaitu Assoc.Prof. Linh Bui, Ph.D dari Vietnam National University of Agriculture. Prof. Anjas Asmara Samsudin, DVM., Ph.D dari Malaysia Universitas Putra Malaysia.  Assoc.  Prof Naoki Isobe dari Japan Hiroshima University.  Prof. Han Jian Lin dari China, ILRI-CAAS Joint lab on Livestock and Forage Genetic Resource.  Dan yang terakhir dari Indonesia diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Djoni Prawira Rahardja, M.Sc., IPU.

“Tujuan dilaksanakannya conference antara lain untuk memperkenalkan serta mempromosikan hasil riset dari para peneliti di Perguruan Tinggi, Lembaga atau Badan dari Pemerintah terkait riset bidang peternakan. Para peneliti akan memaparkan hasil risetnya dilanjutkan diskusi pada room sesuai scope”” Ujar Dr. Ir. Sri Purwanti, S.Pt. M.Si. IPM. ASEAN Eng selaku Chairman ICAST 3.

Kegiatan akan berlangsung melalui Live streaming Zoom, Facebook, dan youtube dari ICAST.

(Visited 25 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *