fbpx
Suara Peternakan

Empat Jenis Sarang Walet Ini Dapat Dikonsumsi

Suarapeternakan.com – Walet banyak dibudidayakan oleh masyarakat, sebab memiliki daya jual tinggi. Termasuk jenis burung yang hidup secara berkelompok atau berkoloni. Jumlahnya berbeda-beda, sesuai dengan besar kecilnya tempat tinggal. Apabila tempat tinggal dengan kapasitas besar, maka semakin besar pula anggota kelompoknya. Begitu pun sebaliknya.

Air liur walet menghasilkan sarang yang bisa dikonsumsi. Walet bertemoat di gua-gua yang sekelilingnya terdapat hutan lebat karena walet menyukai tempat yang lembab dan tidak jauh dari air.

Curah hujan dan iklim yang disukai walet termasuk Indonesia, sehingga sangat cocok untuk bididaya walet. Iklim Indonesia sesuai dengan yang disukai walet untuk menunjang pertumbuhannya dan menunjang terjadinya siklus kehidupan yang terus menerus sepanjang tahun.

Dilansir dari berbagai sumber, sarang walet yang dapat dikonsumsi berasar dari 4 jenis walet yaitu 1. Collocalia fuchiphaga (walet sarang putih), 2. Collacolia maxima (walet sarang hitam), 3. Collaesculanta dan 4. Collacalia vanikorensis.

Diantaranya hanya sarang walet putih yang memiliki daya jual yang paling tinggi. Kareana seluruh sarangnya berasal dari air liur walet.

Taksonomi walet
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum: Vertebrata
Kelas: Aves
Ordo: Apodiformes
Famili: Apodidae
Genus: Collocalia
Spesies: Collacalia fuciphaga

Spesies
Walet dibedakan berdasarkan ukuran tubuh, warna kulit, dan bahan yang dipakai untuk membuat sarang. Ada 6 jenis spesies walet yaitu:

  1. Walet sarang putih
  2. Walet sarang hitam
  3. Walet sarang lumut
  4. Walet gunung
  5. Walet sapi
  6. Walet besar

Keenamnya hidup dengan iklim tropis basah di Indonesia.

Pemilihan Bibit
Berbicara mengenai bibit apalagi unggas berkembangbiak dengan cara bertelur. Telur yang baik digunakan sebagai bibit mempunyai ciri-ciri berwarna putih kemerahan; kerabang telur tidK tergores atau retak, jika diteropong tamoak pembulih darah yang berkesinambungan dan telur yanh berumur 10-13 hari berwarna putih keabu-abuan dengan embrio tampak jelas bergerak-gerak.

Kulaitas telurnya dipengaruhi daya tetas. Kerabang telur paling luar dan paling keras dan sering dijadikan indikasi kualitas telur. Kerabang tersusun atas kalsium karbona tpyang berperan sebagai sumber utama kalsium, pelindung mekanis terhadap embrio yang sedang berkembang, dan penghalang masuknya mikroba. Kerabang telur berlubang atau retak menyebabkan mikroba akan masuk kedalam telur hingga telur menjadi busuk yang ditandai warna hitam pekat. Telur yang memenuhi persyaratan untuk itetaskan berbentuk bulat panjang dengan ukuran (2×1,4)cm dengan bobot 2 kg.

Perkandangan
Habibat asli walet yang hidup di gua-gua, bawah jembatan atau rumah-rumah tua. Saat ini banyak orang telah memvudidayakan walet. Hingga rela membuat gedung walet hingga puluhan juta atau miliyaran rupiah.
Gedung-gedung tersebut didesain sesuai lingkungan hidup walet agar walet hinggap, menetap dan bersarang didalamnya.

Suhu yang ideal untuk sarang walet berkidar antara 28-29° C. Suhu yang rendah tidak disukai walet dan suhu terlalu tinggi akan dipengaruhi terhadap pola produktivitasnya. Adapun kelembaban yang cocok untuk walet berkisar 89-90%. Kelembaban yang terlalu tinggidapat merusak sarangnya. Apabila terjadi demikian warnanya berubah menjadi kuning dan kenyal seperti karet.

Berikut yang dilakukan agar suhu dan kelembaban di dalam rumah walet tetap nyaman:

  1. Diberi kolam atau saluran air, berukuran oanjang 4,35 mdan lebarnya 1,4 m. Tujuannya untuk menciptakan uapnair yang berupa embun dari sirkulasi air tersebut.
  2. Melapisi plafon dengan sekam setebal 20 cm.
  3. Menutup rapat pintu, jendela, dan libang yang tidak terpakai.
  4. Pada lobang keluar masuk, diberi penangkal sinar yang berwarna hitam. Dengan demikian keadaan rumah walet akan lebih gelapmkarena suasana gelap sesuai dengan habitat aslinya sehingga lebih disenangi walet.

(Visited 75 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *