fbpx
Suara Peternakan

Ekspor Domba Terbesar, Peternak Jember Raih Penghargaan Kementan

SuaraPeternakan.com – Jember – Tiga orang peternak Jember sebagai pemasok ekspor domba mendapat penghargaan dari Kementerian Pertanian (Kementan). Mereka adalah Agus Sholehul Huda (Ketua Asosiasi Ekspor Domba Jember), Shafiya Rifqi, dan Edi Susilo.

Penghargaan diberikan, lantaran mereka mampu memenuhi pasokan ekspor domba sebanyak 6.000 ekor per tahun. Selain itu mereka juga dianggap berhasil menaikkan nilai harga jual domba.

Dikutip dari cendananews.com, Agus mengatakan, proses mendapatkan penghargaan ini dimulai dari tahun 2017. Proses verifikasi kemudian dilakukan pada tahun 2018. Ekspor domba ke Malaysia ini salah satu yang mendapatkan harga baik atau peningkatan nilai jual.

Pada tahun 2018, jumlah ekspor domba ke Malaysia sebanyak 6000. Sementara target tahun ini mencapai 10.000. “Tetapi yang menjadi masalah di tahun 2019 yakni dari ketersediaan bibit,” ujarnya.

Agus menjelaskan, setelah mampu memenuhi pasokan ekspor, peternak mulai kesulitan dengan terbatasnya bibit ternak domba. Namun, mereka akan konsentrasi untuk masalah bibit, sehingga bibit dan populasi domba akan stabil dan mengalami peningkatan.

Sementara itu, Bupati Jember Faida mengapresiasi usaha yang dilakukan tiga peternak Jember yang melakukan ekspor ke Malaysia, sehingga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pertanian. “Saya bangga kepada mereka karena para peternak itu memperoleh keberhasilan dengan mencari pasar sendiri untuk meningkatkan nilai jual ternak domba, kalau jumlahnya besar, maka nilai tawarnya juga besar,” kata Faida.

Ia berharap pasar ekspor para peternak Jember menjadi lebih luas lagi pada 2019. Dengan jumlah ekspor domba yang lebih banyak dan di sisi lain, stabilitas harga domba di dalam negeri juga diharapkan stabil.

Sumber: cendananews.com

(Visited 27 times, 1 visits today)

Related Articles