fbpx
Suara Peternakan

Domba Merino Jenis Domba Penghasil Bulu Wool Super

SUARAPETERNAKAN.COM – Domba merino mudah beradaptasi didaerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Pemeliharaan domba merino pada dataran rendah atau daerah panas, ada treatment khusus yang harus disiapkan sebelum memulai beternak domba merino, yaitu, pembuatan kandang panggung, untuk menghindarkan domba dari kembung, menghindarkan bulu domba menjadi kumal, lingkungan kandang wajib dibuat sejuk dengan memeperbanyak pohon perindang di sekitar kandang dan atap kandang baiknya menggunakan genting.

Domba Merino. DOK: http://peternakan-domba-kambing-sapi-kerbau.blogspot.com/2018/02/domba-merino-sejarah-dan-cirinya.html

Air minum wajib selalu tersedia, apabila sudah memulai beternak domba merino maka peternak wajib rutin memangkas bulu merino supaya dombanya tidak kepanasan. Perawatan harian yang relatif simple, domba merino sangat suka dengan pakan hijauan baik itu berupa rumput lapangan, rumput odot, rumput gajahan dll.

Jenis Domba Merino tergolong unggul yang saat ini mulai dikenal dan dikembangkan oleh sebagian peternak domba di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Penghasil bulu wool super, di negara Australia dan beberapa negara di eropa memang difungsikan untuk menghasilkan bulu wool guna memenuhi kebutuhan usaha bisnis fashion. 

Selain penghasil bulu juga penghasil daging yang mampu mencapai bobot berat badan diatas 100 kg, menggungguli hasil daging domba lokal yang endemik dari Indonesia.

Saat ini domba merino oleh sebagian peternak dijadikan komoditas utama untuk memenuhi kebutuhan permintaan daging domba, baik untuk kuliner seperti aqiqah, qurban, catering dan sebagainya.

Domba merino cocok dipelihara di daerah yang suhu udaranya dingin maka akan menghasilkan bulu yang banyak. Porsi makan domba merino melebihi porsi pakan domba lokal seperti domba ekor tipis, ekor gemuk maupun domba Garut.

Porsi pakan sangat banyak, dan memang harus terkondisikan untuk makan banyak. Jangan memulai beternak domba merino apabila anda belum memiliki stock pakan yang berlimpah, baik stock pakan hijauan maupun stock pakan tambahan. 

Pemeliharaan daerah panas pun harus mensiasati cara memeliharanya dengan rutin melakukan pengguntingan bulu, rutin dimandiikan dan air minum wajib selalu tersedia, sangat berbeda dengan perlakuan di wilayah dengan suhu udara sejuk atau dingin. Perawatan rutin lainnya adalah potong kuku untuk kakinya.

Ibarat manusia sehat yang asupan makanan dan minumannya tercukupi maka badannya akan sehat dan tanpa persu asupan dooping obat-obatan ataupun supplement. Hal ini berlaku juga untuk domba merino, apabila pakannya tercukupi maka tidak perlu obat-obatan dan supplement.

Domba merino super salah satu cirinya adalah bulu sampai menutupi muka, body panjang, ukuran tulangan kaki besar, ekor tebal. Domba merino super berpotensi akan menghasilkan bobot badan diatas 100 kg, dengan catatan pakan, perawatannya maximal. (diolah dari berbagai sumber)

(Visited 218 times, 1 visits today)

Related Articles