fbpx
Suara Peternakan

Domba Garut Kebanyakan Dipelihara untuk Kontes dan Hobi

SUARAPETERNAKAN.COM – Sangat terkenal, baik di Indonesia sendiri maupun di dunia. Jenis domba itu adalah domba Garut. Domba Garut atau sering disebut Domba Priangan, merupakan domba yang berasal dari daerah Limbangan Kabupaten Garut. Merupakan campuran perkawinan antara domba lokal dengan domba jenis Capstaad dari Afrika Selatan dan domba Merino dari Australia.

Sumber: Facebook.com

Domba merino dan kaapstad masuk ke wilayah Priangan dibawa oleh pengusaha teh KF Holle, yang menernakkan domba itu pertama kali pada 1864. Tak berselang lama, domba impor itu pun menyebar di kalangan penghobi domba, antara lain Bupati Garut Suryakarta Legawa (1915-1929). Adapun domba lokal yang disilangkan dengan domba impor itu berasal dari Kampung Cibuluh, Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan.

Domba jenis Capstaad ini sudah lebih dulu ada dibandingkan dengan domba Merino di Kabupaten garut. Domba Merino didatangkan ke daerah Garut pada sekitar abad ke-19.

Setelah adanya ketiga jenis domba itu, akhirnya ada persilangan diantara ketiganya. Hasil dari ketiga varian itu, lahir varietas baru yang akhirnya dikenal dengan nama domba Garut.

Nama Ilmiah: Ovis aries

Klasifikasi lebih tinggi : Domba

Tingkat takson: Ras

Biasanya dalam memelihara domba untuk dimanfaatkan daging, kulit, susu ataupun wolnya. Berbeda dengan domba pada umumnya, domba Garut banyak yang dipelihara untuk kontes atau hobi.

Memilih sebagai kontes dan hobi, jadi tak heran ketika  domba Garut yang memang dipelihara untuk tangkas serta pakannya sangat diperhatikan. Mulai dari makanan yang berkualitas, hingga tambahan suplemen seperti susu yang dicampur telur dan madu.

Sumber: mediatataruang.com

Ada perawatan-perawatan khusus yang diberikan oleh majikannya. Mulai dari kandang yang mewah, perawatan fisik juga menjadi perhatian majikannya.

Untuk mendapatkan domba garut yang berkualitas dan menginginkan menjadi harga termahal, yang harus  diperhatikan dalam beternak domba garut adalah persiapannya, pemilihan bibit, pemeliharaan dan pakannya.

Domba ini menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Jika bukan bibit unggul yang memang untuk kontes, bisa dimanfaatkan daging dan juga kulitnya.

Persiapan Beternak Domba Garut

Pertama harus menyiapkan kandang, kandang harus sesuai pertumbuhan dan perkembangan domba. da kandang untuk karantina ternak yang sakit. Pembuatan kandang yang kuat, agar penggunaan bisa dalam jangka waktu yang lama.

Kapasitas kandang perlu dalam pembuatan kandang. Jangan sampai membuat kandang kapasitas 15 ekor, tapi populasinya hingga 25 ekor. Sebab akan berdampak pada pertumbuhannya.

Khusus domba kontes, ada perawatan khusus. Jadi kandang harus kuat karena domba kontes yang unggul memiliki kelincahan yang berbeda. Kebersihan kandang, mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan memiliki sirklasi udara yang baik.

Pemilihan Bibit

Bibit berkualitas tinggi dan unggul. Memilih bibit unggul yang bebas dari hama penyakit. Memilih indukan unggul. Induk memiliki tingkat kesuburan dan kelahiran tinggi. Yang paling penting dalam memilih bibit domba Garut untuk kontes, harus cermat memilih indukan yang unggul, baik dari betina dan juga pejantannya.

Jangan lupa kecepatan pertumbuhan dan persentase dari karkas domba tersebut. Untuk mendapatkan domba unggulan, mulai dari pemilihan induknya, proses perkawinan domba tersebut hingga proses kelahirannya.

Pemeliharaan

Dalam memelihara, sebaiknya peternak harus telaten. Kebersihan kandang paling utama diperhatikan, tempat pakan dan minum sebaiknya dibersihkan setiap hari.

Apabila ada domba yang sakit, segera diisolasi di kandang yang terpisah. Segera melakukan pertolongan pertama yaitu pengobatan dan perawatan khusus. Sebisa mungkin selalu memantau kesehatannya.

Memandikan domba secara rutin sekitar seminggu sekali dan dijemur dibawah sinar matahari pagi. Jangan lupa memangkas rambut sekitar empat bulan sekali atau ketika sudah lebat maka pemangkasan rambut harus  rutin.

Pakan Domba

Pemberian pakan disesuaikan dengan kebutuhan domba. Yang harus diperhatikan adalah kebutuhan zat gizi, mineral, vitamin, air, karbohidrat, lemak dan juga protein. Perlu diketahui bahwa domba termasuk dalam hewan herbivora. Pakan domba berupa rumput-rumputan, limbah pertanian, kacang-kacangan, dan juga konsentrat.

Tentang Domba Garut Termahal di Indonesia

Domba garut yang terkenal di Indonesia sebab sejarah dan juga pemanfaatan yang bukan hanya untuk kontes dan memiliki harga yang sangat amat fantastis.

Dilansir dari tribunnews.com, Harga domba terbaru yang paling mahal yang kita tau hanya sekitar lima sampai enam juta rupiah satu ekor. Pada tahun 2016, ada domba yang diberi nama Pramesta. Pramesta sudah berumur empat tahun. Domba tersebut pernah ditawar dengan harga Rp200.000.000,- yang setara dengan mobil kelas LMPV.

Namun pemiliknya, Ade Suparman menolak tawaran dari seorang pengusaha sebesar Rp200.000.000,- tersebut.

Dia mengatakan dombanya itu merupakan domba terbaik, selalu juara saat kontes tangkas dan juga belum pernah kalah. (27/08/2016)

Selain itu juga domba miliknya terbilang unik. Badan dari domba ini berwarna putih, namun tanduknya berwarna hitam. Bentuk dari tanduknya juga alami, bukan dibentuk oleh pemiliknya.

Ade mengatakan bahwa Pramesta memang berasal dari indukan dan juga pejantan yang memang unggul. Induk pejantannya juga memang sering menang kontes, ucap Ade.

Sumber: https://penakecil.com/domba-garut/

(Visited 236 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *