fbpx
Suara Peternakan

Domba adalah Ternak Ruminansia Penghasil Bulu, Daging dan Susu

SUARAPETERNAKAN.COM – Domba adalah Ternak Ruminansia Penghasil Bulu, Daging dan Susu

Domba Australia di Canberra , DOK. wikipedia

Domba (Ovis) berbulu tebal sehingga banyak dipelihara untuk dimanfaatkan bulunya untuk wol. Selain itu domba juga diternakkan dan dimanfaatkan daging serta susunya. Genus Ovis mencakup semua jenis domba, sedangkan domba domestikasi termasuk ke dalam spesies Ovis aries.

Literatur menyebutkan bahwa domba diternakkan pertama kali sekitar 9000 – 11000 tahun yang lalu di Mesopotamia.

Dilansir dari wikipedia bahwa domba berbeda dengan biri-biri dan domba berbeda juga dengan kambing. Domba peliharaan diduga keturunan dari moufflon liar Asia Tenggara bagian Selatan dan Barat Daya. Adapun kerabat dekat Ovis aries adalah kambing antilop. Meski domba sangat berbeda dengan kambing.

Berdasarkan manfaatnya diklasifikasikan menjadi penghasil wol, pedaging dan penghasil wol sekaligus pedaging. Adapun spesies domba yaitu Argali (Ovis ammon), Domba peliharaan (Ovis aries), Bighorn Sheep (Ovis canadensis), Thinhorn Sheep (Ovis dalli), Mouflon (Ovis musimon), Domba salju (Ovis nivicola).

Domba termasuk dalam sub family Caprinae dan family Bovidae. Terdapat 7 jenis domba liar yang berbeda terbagi ke dalam 40 macam varietas yang berbeda. Adapun Spesies domba yang telah mengalami domestikasi meliputi domba Argali (Ovis ammon) berasal dari Asia Tengah, domba Urial (Ovis Vignei) juga berasal dari Asia, sedangkan domba Moufflon (Ovis Musimon) berasal dari Asia Kecil dan Eropa.

domba di argentina. DOK. wikipedia

Klasifikasi

Phylum            :Chordata

Sub Phylum     : Vertebrata

Class                :Mammalia Ordo              

Ordo :Ungulata

Sub Ordo        :Artiodactylata

Familia            :Coroviane Genus            

Genus :Ovis

Species            : Ovis orientalisi

Ternak domba berasal dari Mouflon (hewan liar) terdiri dari 2 macam jenis. Pertama adalah Mouflon Asiatic, yaitu Mouflons yang hidup di pegunungan asiatic dan selatan Iran. Kedua adalah jenis MouflonsEropa, satu satunya yang hidup di pulau Sardinia dan Corsica, Italia. Banyak hipotesis bahwa Mouflon Eropa adalah keturunan dari Mouflon Asia.

Awalnya, domba disimpan hanya  untuk daging, susu dan kulit. Bukti arkeologis dari patung-patung ditemukan di situs arkelogis di Iran menunjukkan bahwa domba diambl bulunya (wol) sudah sejak 6000 M. Tetapi pakaian bulu domba tenun yang paling awal hanya sudah dibubuhi tanggal sampai dua sampai tiga ribu tahun yang lalu.

Domba merupakan ternak yang pertama kali didomestikasi, dimulai dari daerah Kaspia, Iran, India, Asia Barat, Asia Tenggara, dan Eropa samapai ke Afrika. Di Indonesia, domba terkelompok menjadi, Domba ekor tipis (Javanese thin tailed), Domba ekor tipis (Domba Kampung), Domba Priangan

Salah satu karakteristik domba adalah kemampuan memamahbiak. Makanan hewan pemamahbiak adalah rumput dan daun-daunan. Domba biasanya berada di areal yang cukup luas Di Sekitar padang Rumput, udaranya segar dan keadaan sekelilingnya tenang, dekat dengan sumber pakan ternak, memiliki sumber air, jauh dari daerah pemukiman dan sumber air penduduk (minimal 10 meter)

Domba berkembangbiak dengan cara melahirkan (menyusui) . pada saat induk domba melahirkan anaknya, ia tak pernah melupakan bau dan rasa yang ia rasakan ketika ia membersihkan anaknya dengan lidahnya.   Domba memiliki pandangan dan pendengaran yang baik, dan peka terhadap kebisingan.  Domba biasanya hidup di daerah padang rumput yang luas, makanan mereka adalah rumput dan daun-daunan.

Domba mempunyai banyak manfaat bagi manusia, diantara lain adalah susunya, susu domba dapat diminum dan digunakan diberbagai tempat didunia, untuk bulunya digunakan untuk membuat benang wol. Yang digunakan menenun kain bagi kita dan dagingnya mempunyai protein dan nabati yang sangat berguna bagi tubuh manusia.

(Visited 112 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *