fbpx
Suara Peternakan

Cara Mudah Membuat Telur Asin

SuaraPeternakan.com – Telur asin merupakan salah satu makanan yang diawetkan sehingga dapat disimpan hingga berhari-hari tanpa takut basi. Telur asin kaya akan Kuning telur yang memiliki kandungan protein, lemak, vitamin A, B, zinc dan kolin.

Dari segi nutrisinya, dalam 100 gram telur bebek rebus mengandung kalori sebesar 185 Kkal, 12,8 gr protein, 13,8 gr lemak, 1,5 gr karbohidrat, 56 mg kalsium dan 146 mg natrium. Sedangkan untuk 100 gr telur bebek yang sudah diasinkan mengandung 183 Kkal, 12,7 gr protein, 13,6 gr lemak, 1,4 gr karbohidrat, 120 mg kalsium dan 529 mg natrium.

Telur bebek yang diolah dengan cara direbus tentunya akan menambah energi. Tapi jika sudah diolah dengan cara digoreng atau diceplok dengan 1 sdm minyak bisa menambah energi sekitar 90 Kkal. Tidak hanya kalori, lemak juga bertambah.

Selain rasanya yang menggoda lidah, telur asin juga banyak mengandung gizi lengkap dan kandungan mineral serta kalsium yang baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan. Sebelum diasinkan telur sendiri memang sudah bergizi, namun dengan diawetkan gizi pada telur asin meningkat hingga 2 kali lipat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mudah membuat telur asin.

Membuat Telur Asin dengan Cara Direndam Air Garam

Salah satu alasan memilih membuat telur asin dengan merendam air garam; bahannya lebih mudah didapat dan cara pembuatannya juga lebih mudah. Selain itu lebih hemat sebab, harga telur bebek mentah jauh lebih murah dibandingkan dengan telur asin jadi.

Bahan; yang digunakan yaitu garam dapur dalam bentuk kotak atau garam kososk sebanyak 500 gram, air bersih sebanyak 1,5 sampai 2 liter untuk merendam si telur nantinya, Telur bebek 12 butir dan toples yang dapat ditutup rapat.

Cara membuat;
Rendam telur dalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung sebaiknya dibuangkarena telur tidak bagus.

Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Lalu mengeringkan telur.

Anda bisa memilih untuk mengamplasnya atau tidak. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka.

Larutkan garam dalam air. Aduk hingga benar-benar larut. Masukkan dalam toples yang dapat ditutup rapat.

Masukkan telur perlahan-lahan. Pastikan telur terendam semua. Beri jarak 2 cm dari permukaan. Rendam selama 10-12 hari.

Jika ingin rasa lebih asin rendam hingga maksimal 42 hari atau 6 minggu. Selama proses perendaman, jauhkan dari cahaya matahari.

Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 jam. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama. Telur asin siap disajikan.

Cara membuat telur asin dengan menggunakan batu bata

Bahan : 1 buah ember, 1 liter air, 500 g garam, 12 butir telur bebek dan 4 buah batu bata(hancurkan hingga benar-benar lembut).

Cara membuat :

Telur direndam dalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, buang saja, karena telur tidak bagus.

Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur tidak pecah atau retak.

Anda bisa memilih untuk mengamplasnya atau tidak. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka. Keringkan telur.

Campurkan remukan bata yang sudah benar-benar halus dengan air. Aduk rata. Jangan sampai encer. Bentuk hingga seperti pasta.

Masukkan garam. Aduk lagi. Anda bisa mengaduknya menggunakan tangan atau spatula.

Lumuri telur dengan tanah sampai menggumpal seperti tanah liat atau batu. Kira-kira hingga ketebalan mencapai 3 cm.

Masukkan dalam ember satu per satu.

Taburi lagi telur yang sudah dilumuri tanah dengan batu bata lagi secukupnya. Diamkan selama 14 hari.

Setelah proses selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 jam. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama. Telur asin siap disajikan.

Cara membuat telur asin menggunakan batu bata bisa Anda ganti dengan menggunakan abu gosok. Hanya perlu mengganti batu bata dengan abu gosok. Cara membuat nya sama saja.

Jika Anda ingin rasa yang lain, Anda cukup mengganti cara akhir, bukan dengan dikukus, namun dipanggang atau menggunakan cara membuat telur asin asap yaitu dengan cara mengasapi telur hingga matang.

(Visited 172 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *