fbpx
Suara Peternakan

Cara Membedakan Kambing dan Domba

Suarapeternakan.com – Kambing dan domba adalah dua hewan yang terkadang dagingnya disalah artikan sehingga membuat rancu. Banyak orang yang menyebutkan bahwa daging kambing adalah daging yang sama dengan daging domba. Padahal, kambing dan domba adalah dua hewan yang berbeda.

Meski terlihat sama, teryata domba dan kambing memiliki banyak perbedaan. Mulai dari daging, rasa, dan juga cara masaknya.

Dalam bahasa latin, kambing disebut Capra hirpus sedangkan domba memiliki nama lain Ovis aries. Bila dilihat sekilas, kedua hewan ini hampir sama.

Kambing dan domba merupakan jenis ternak yang mudah dikembangbiakan, dengan modal yang tidak terlalu besar, menjadi daya tarik tersendiri bagi kambing dan domba.

Dilansir dari berbagai sumber berikut cara  membedakan kambing dan domba

Karakteristik Kambing:

1. Memiliki 60 kromosom
2. Ekornya berdiri, kecuali jika ketakutan, sakit, atau dalam kondisi berbahaya/terancam.

3. Tingka laku makan dengan cara menjengut (browsers) pakan hijauan, seperti dedaunan, ranting, dan semak. Untuk mendapatkan pakannya, kambing akan berdiri dengan kaki belakangnya.

4. Kambing mempunyai sifat ingin tahu dan lebih mandiri dibanding domba
5. Bulu kambing tidak dicukur.

Sedangkan karakteristik domba:

1. Mempunyai 54 kromosom. Jika domba dan kambing dikawinkan akan menghasilkan keturunan yang fertil.
2. Ekor domba menggantung ke bawah.

3. Domba merumput(grazers) dengan memotonh rumput sampai dipermukaan tanah.
4. Domba sangat gelisah bila terpisah dari kelompoknya.

5. Pada waktu tertentum terutama musim kemarau, bulu domba harus dicukur. Bulu domba yang terlalu panjang akan memudahkan kotoran menempel yang menyebabkan bersarangnya parasit-parasit kulit. Sebelum domba dicukur, bulu harus dibersihkan terlebih dahulu agar diperoleh kualitas bulu yang bagus.

Jika dibandingkan  daging kambing berwarna lebih merah, daripada daging domba. Biasanya, orang tidak bisa membedakan warna daging kambing dan daging domba setelah dipotong. Namun setelah didiamkan beberapa saat, warna keduanya akan terlihat berbeda.

Aroma daging kambing lebih tajam daripada daging domba. Atau yang biasa disebut lebih ‘prengus’. Selain itu, kambing adalah hewan yang memakan tumbuhan yang ada di bawah, seperti rumput. Sementara domba lebih sering memakan tumbuhan yang ada di pohon-pohon yang rendah.

Bagi kamu yang menggemari daging kambing pastinya tahu jika daging kambing memiliki lemak yang lebih keras dan lebih lezat daripada domba. Hal tersebut yang membuat para pecinta kuliner daging lebih memilih daging kambing daripada daging domba.

Dikutip dari kompas.com bahwa setelah dimasak, daging kambing lebih lezat karena kandungan berat dagingnya memiliki komposisi khusus yang membuat rasa gurihnya lebih dominan ketika dimasak, terutama jika dibakar. Hal ini karena rasio protein lemak daging kambing cukup tinggi, yaitu 1:8, lebih tinggi daripada domba. Akibatnya ketika dibakar, rasa gurih protein akan ikut menyokong rasa gurih yang ditimbulkan oleh lemak.

Setelah dimasak, setiap 100 gram berat daging domba memiliki kandungan kalori, protein, lemak, fosfor, zat besi dan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan per 100 gram berat daging kambing.

Ternyata antara domba dan kambing punya kecocokan hidangan masing-masing. Berdasarkan tekstur, kambing lebih cocok untuk masakan kering seperti nasi goreng, nasi mandhi, nasi kebuli, iga bakar kambing, dan lainnya.

Sedangkan domba paling nikmat diolah jadi hidangan basah seperti sup kambing, gulai kambing, tongseng, dan lainnya.

Terdapat  beberapa perbedaan perilaku antara domba dan kambing, kambing mempunyai perilaku yang cenderung serius dan independent/bebas, sedangkan domba lebih ketergantungan dan menyendiri. Domba mempunyai perasaan yang lebih kuat dalam berkelompok dan sangat gelisah ketika berpisah dari kawanannya dan akan menjadi lebih jinak. Kambing akan mencari perlindungan lebih cepat dari domba, mereka tidak suka ketika kaki mereka basah sehingga mereka akan mencari rumput di dataran yang lebih tinggi.

(Visited 44 times, 1 visits today)

Related Articles