fbpx
Suara Peternakan

Cara Melunakkan Daging dengan Menggunakan Bahan Alami

SuaraPeternakan.com – Bagaimana cara membuat daging menjadi empuk?

Memasak daging sapi atau daging kambing tidak semudah memasak daging ayam atau daging bebek. Ketika Anda mendapatkan bagian daging yang alot dan tidak empuk, Anda akan sulit saat mengunyahnya. Daging yang keras akan mengurangi cita rasanya.

Berbeda dengan daging ayam atau bebek yang teksturnya tidak terlalu berserat sehingga lebih empuk.

Biasanya, saat membeli daging, kendala yang akan banyak dialami ibu-ibu sebelum mengolah daging adalah hasil masakan yang alot. Daging terkadang akan alot karena cara memasak yang salah dan lain sebagainya. Kamu bisa mengempukkan daging dengan cara dipukul-pukul, tapi ini agak melelahkan dan cara ini juga bisa menghancurkan tekstur daging.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut rekomendasi bahan alami yang bisa melunakkan daging dengan cepat.

Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat memecah protein daging sehingga membuat daging empuk. Caranya gampang, ambil beberapa lembar daun pepaya, remas-remas bersama daging lalu bungkus daging dengan daun pepaya dan biarkan hingga 30 menit, baru bisa diolah.

Buah Nanas

Buah yang kaya vitamin C ini juga mengandung bahan yang bisa memecah protein dan membuat daging empuk. Kamu cukup ambil nanas secukupnya, parut atau hancurkan, lalu lumuri daging. Setelah didiamkan 20 menit, bilas bersih dan baru bisa diolah.

Cuka Apel

Cuka apel bisa juga dimanfaatkan. Jus satu buah apel, lalu rendam daging dengan jus apel ini. Biarkan satu jam sebelum bisa dimasak.

Buah Kiwi

Buah yang mahal ini sayang sekali jika dijadikan bahan pengempuk daging, namun jika kamu mau mencobanya juga boleh. Kiwi mengandung zat yang bernama actinidin yang bisa membuat daging empuk. Cukup remas-remas kiwi dan biarkan buahnya membalur daging. Setelah 20-30 menit, bilas dan daging siap olah.

Sari Lemon

Sama halnya dengan nanas dan cuka apel, perasan lemon juga bisa mengempukkan daging. Namun kamu harus sabar menunggu, kurang lebih 1 jam baru bisa empuk dan daging siap diolah.

Saus Tomat

Buah tomat bisa dihancurkan lalu dibalurkan pada daging. Remas-remas daging bersama tomat dan diamkan kurang lebih 40-60 menit agar empuk.

Kopi Hitam

Bubuk kopi juga bisa membuat daging empuk. Campur dengan sedikit air lalu balurkan ke daging. Bisa menghilangkan bau prengus dan siap masak.

Soda Kue

Trik untuk membuat daging jadi lebih empuk dari para chef profesional ini patut untuk dicoba. Di samping itu, bahan untuk melembutkan daging yang satu ini juga terbilang murah. Gunakan soda kue untuk membuat daging yang alot jadi lebih lunak. Cara melembutkan daging dengan soda kue adalah taburkan soda kue di seluruh bagian daging dan diamkan selama 1 jam. Soda kue bekerja dengan memecah kolagen sehingga menghasilkan tekstur daging yang lebih lunak. Setelah 1 jam, lanjutkan dengan merendam daging di dalam air dingin selama 15 menit, kemudian Anda bisa melanjutkan untuk mengolah daging tersebut.

Pukul daging dengan meat tenderizer

Anda pasti tidak asing dengan alat yang satu ini, yakni meat tenderizer. Ini adalah pemukul daging yang memiliki bagian-bagian yang tajam untuk melubangi daging. Fungsi dari alat ini sudah jelas untuk melembutkan daging yang alot. Di samping itu, meat tenderizer juga bermanfaat untuk membuat bumbu jadi lebih meresap ke dalam daging.

Cola

Tidak hanya untuk menambah citarasa saja, cola akan membuat daging menjadi empuk setelah dimasak. Pasalnya, kandungan asam di dalam cola akan berubah menjadi katalis untuk melunakkan otot-otot daging. Bila Anda ingin mencoba cara mengempukkan daging dengan cola, gunakan cola biasa yang bukan diet coke.

Jahe

Rempah ini memang tidak asing di Indonesia. Di negara kita jahe memang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Namun, tahukah Anda bahwa jahe ternyata bisa membuat daging yang alot jadi lebih empuk? Enzim proteolitik alami yang berada di dalam jahe dapat menguraikan ikatan protein daging sehingga tekstur daging jadi lebih empuk.

Garam Laut

Garam laut adalah garam yang dihasilkan dari penguapan air laut. Salah satu manfaatnya dalam bidang kuliner adalah melunakkan serat daging. Caranya taburkan garam laut ke seluruh permukaan daging, diamkan selama satu jam sebelum diolah.

Teh

Tak hanya nikmat diminum, ternyata kandungan tanin di dalam teh bisa berfunsi sebagai pengempuk alami. Caranya, buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, diamkan sampai agak dingin, lalu kemudian gunakan sebagai bahan marinasi atau rendaman daging.

Yoghurt

Yoghurt juga memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi. Selain itu, yoghurt juga mengandung kalsium yang bisa mengaktifkan enzim yang akan memecah protein daging sehingga membuatnya lebih empuk.

(Visited 77 times, 1 visits today)

Related Articles