fbpx
Suara Peternakan

Beternak Kecoak: Solusi Pengolahan Sampah Dapur dan Olahan Menjadi Pakan Ternak

SUARAPETERNAKAN.COM – Kecoak sebagai solusi pengloahan sampah dapur dan bisnis menggiurkan untuk pakan ternak. Kesukaan kecoak dalam memakan sisa makanan memberikan ide pada beberapa bisnis di China. Menggunakan serangga dalam hal ini adalah kecoak yang diternakkan.

Foto: Genmuda.com

Jumlahnya mencapai miliaran, diternakkan diberbagai tempat untuk mengurangi sampah dapur. Menurut Dr. Jim Fredicks, seorang Ahli Serangga dan Spesialis Kesehatan Lingkungan di Virginia, Amerika Serikat, seekor kecoak adalah hewan yang paling mudah beradaptasi di berbagai lingkungan dan kondisi. Risiko kesehatan yang dibawa oleh kecoa juga banyak sekali.

Pemanfaatan kecoak di China bukan hanya sekedar mengolah sampah. Setelah mati, kecoak tersebut dioalah menjadi pakan ternak. Kecoak tersebut memiliki nilai gizi untuk konsumsi ternak. Menurut beberapa pihak, kecoak bisa diolah menjadi obat dan perwatan kecantikan.

Kegiatan yang dilakukan beberapa pebisnis di Provinsi Shadong ini menjadikan sumber uang dalam beternak kecoak. Sebanyak satu miliar kecoak setiap hari diberi makan 50 ton sampah dapur di Kota Jinan tersebut.

Sampah yang tiba sebelum pagi di sebuah pabrik dikelola oleh Shandong Qiaobin Agricultural Technology Co. Sisa makanan kemudian diberikan kepada kecoak yang ditempatkan di kandang melalui pipa.

Kecoak adalah bio-teknologi untuk mengubah dan mengolah sampah dapur dan sebagai sumber protein untuk ternak babi dan ternak lainnya. Shandong Qiaobin menargetkan mengolah sepertiga sampah dapur yang dihasilkan oleh Jinan yang berpenduduk tujuh juta orang tersebut.

Li, 47 tahun memelihara 3,4 juta kecoak di peternakannya, tinggal di sebuah desa terpencil di Sichuan, nama lengkap Li Bingcai juga punya ide yang sama. berbisnis kecoak dengan modal satu yuan. Kemudian menjual serangga tersebut sebagai bahan pakan ke peternak babi dan ikan serta ke perusahaan obat.

Dikutip dari Reuters. ““Bisnis ini punya nilai ekonomi yang besar dan tujuan saya adalah membawa warga desa lainnya untuk sejahtera, bila mereka mengikuti langkah saya. Orang melihat bisnis saya aneh.” Ujarnya.

Target Li untuk mengaja peternak di desanya adalah menciptakan 20 peternak. Masih di Sichuan, sebuah perusahaan bernama Gooddoctor menternakkan enam miliar kecoak.

Para peneliti juga meneliti penggunaan ekstrak kecoak untuk masker kecantikan, pil diet, dan pengobatan kerontokan rambut. Sari kecoak juga bagus untuk mengobati sariawan dan luka lambung, luka kulit dan bahkan kanker perut.

Sumber:https://www.voaindonesia.com/a/china-mendulang-untung-beternak-kecoak/4697088.html

(Visited 68 times, 1 visits today)

Related Articles