fbpx
Suara Peternakan

Beragam Manfaat Kelinci

SuaraPeternakan.com – Kelinci memiliki bentuk tubuh yang lucu dan bulu halusnya. Kelinci juga memiliki beragam manfaat yang mempunyai peluang dan prospek untuk dibudidayakan.

Kelinci Sebagai hewan penyedia daging berkualitas karena tinggi protein, rendah kolesterol dan rendah asam lemak jenuh sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Rasa gurih, tekstur halus dan warna putih daging kelinci mirip dengan daging ayam.

Olahan Kelinci seperti sate, steak, sop dan gule. Daging kelinci juga dapat diolah menjadi sosis, nugget, baso, rolade, dendeng ataupun abon.

Dilansir dari pertanian.go.id, Beberapa jenis kelinci menghasilkan bulu eksotis yang indah, menarik dan berharga tinggi yang berpotensi ekspor dengan mutu fisik kulit lebih baik. Kulit bulu kelinci dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kerajinan interior mobil, boneka, mainan anak-anak, selendang, tas wanita, aksesoris rambut, sepatu bayi, topi dan sarung tangan.

Kelinci dapat pula dipelihara sebagai ternak hias/pet yang menjadi hewan kesayangan. Jenis kelinci hias yang eksklusif mempunyai bentuk dan ukuran tubuh kecil, lucu, serta warna bulu indah dan lembut.

Selain untuk dimanfaatkan daging, kulit bulu serta sebagai hewan kesayangan, kelinci juga sangat dibutuhkan sebagai hewan percobaan di laboratorium. Selain itu, kotoran kelinci dapat diolah menjadi pupuk organik. Pupuk padat dan cair yang telah difermentasi sangat bermanfaat untuk pupuk sayuran dan bunga potong.

Dilansir dari kelincipedia.com, Berikut manfaat daging kelinci:

Kaya nutrisi untuk tubuh; Daging kelinci mempunyai kandungan lemak yang tidak jenuh. Lemak tak jenuh yaitu lemak yang baik untuk kesehatahn tubuh. Kandungan lemak tak jenuh di dalam daging kelinci. Lemak tak jenuh juga terdapat didalam manfaat ikan. Daging kelinci juga mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh seperti protein, mengatasi kolestrol dan natrium.

Mengoptimalkan pertumbuhan anak; Kandungan protein yang sangat membantu dalam perkembangan anak juga pemerintah pernah menjadikan daging kelinci sebagai bagian dari program pemerintahan yang bertujuan untuk memperbaiki gizi bagi seluru rakyat indonesia, tetapi program tersebut tidak terdengar lagi. Daging kelinci sangat layak untuk dikonsumsi seperti daging sapi, daging ayam dan daging kambing.

Menyehatkan orang lanjut usia; Guna daging kelinci untuk para lansia yaitu agar tubuh lebih sehat dan bugar, sehingga terlihat akan panjang umur. Selain dengan mengkonsumsi daging, juga harus diimbangi dengan sayur-sayiran atau buah-buahan agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap seimbang.

Menyembuhkan penyakit asma; Untuk penderita asma, daging kelinci adalah cara menyembuhkan penyakit asma secara alami, dengan mengkonsumsi daging kelinci secara rutin. Nah ini dikarenakan adanya senyawa molekul yang dimiliki oleh hati kelinci yang dapat menghilangkan penyakit asma, Daging tersbut juga bisa dikonsumsi dengan cara direbus supaya kandungan gizinya tidak hilang

Menjaga kesuburan wanita dan vitalitas pria; Untuk para wanita juga bisa rutin untuk mengkonsumsi daging kelinci agar menjaga kesuburan. Tidak hanya menjaga kesuburan lho! daging kelinci juga sangat baik untuk menjaga vitalitas pria. Ada di bagian otak kelinci yang bisa mempengaruhi kesehatan keduanya, sehingga energi yang di dalam daging kelinci bisa terserap lebih banyak berdasarkan jumlah protein yang dikonsumsinya.

Mencegah penyakit jantung; Penyakit jantung pada manusia sangat erat kaitannya dengan kolestrol yang jahat didalam darah. Nah, daging kelinci mengandung kolestrol tak jenuh atau bisa dibilang kolestrol baik yang bisa menekan banyaknya kolestrol jahat di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, kandungan natrium juga sangat baik bagi kesehatan jantung kamu. Untuk pasien penderita penyakit jantung sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi daging kelinci dengan cara mengolahnya di rebus.

Menu untuk diet; Bagi kamu yang sedang menjalani program diet dan tetap ingi makan enak. Ini dia, daging kelinci adalah menu yang tepat bagi kamu. Karena dging kelinci sangat rendah akan kolesterol jahatnya. Sehingga kamu tidak akan ada masalah dalam soal penambahan berat badan yang signifikan.

Manfaat lain dari mengkonsumsi daging kelinci yang masih banyak diketahui yaitu : Mengurangi risiko kolesterol dalam darah, Meningkatkan jumlah natrium di dalam tubuh, Bisa diolah menjadi makanan seperti bakso, burger, nugget, tongseng, bakso tahu, abon serta kerupuk kulit

Sumber: kelincipedia.com/pertanian.go.id

(Visited 110 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *