fbpx
Suara Peternakan

Begini Cara Pengolahan Ayam Potong, Mulai Penyembelihan hingga Pendinginan

SuaraPeternakan.com – Ayam potong dapat dipasarkan sesuai dengan permintaan konsumen. Umumnya dipasarkan di Indonesia dalam keadaan telah dipotong dan dibersihkan atau telah dipotong-potong dalam bagian paha, dada, sayap dan sebagainya. Juga pemasaran segar maupun yang telah dibekukan.

Dalam jumlah besar, pemasaran ayam potong memerlukan pengolahan, pembekuan dan penyimpanan.

Adanya suatu pengolahan yang baik dan penyimpanan yang dapat menjaga agar mutunya tidak merosot atau terlindungi dari proses pembusukan.

Pengolahannya meliputi mulai pemotongan sampai pengepakan di dalam plastik dan dipasarkan kepada pembeli. Pengolahan secara sederhana juga perlu memperhatikan keinginan konsumen baik terhadap cacat yang ditimbulkan atau pengolahan maupun aturan higienis agar daging ayam telah diolah sampai ketangan konsumen dengan baik.

I. Penyembelihan

Penyembelihan dilakukan dengan memotong kedua pembuluh balik (vena jungularis). Penyembelihan dalam jumlah banyak hanya dapat dipermudah

Dengan penyediaan kerucut dari seng atau di gantung. Ayam yang akan diswmbelih sebaiknya dipuasakan 12-18 jam tetapi masih diberi minum. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi terjadi pembusukan daging dan mempermudah pengeluaran isi perut.

Tata cara penyembelihan menurut agama terutama konsumen yang beragama islam, jika mengabaikan hal ini dapat ditolak dipasaran, dsb.

Setelah darah keluar semua, dan ayam benar-benar mati dapat dilakukan pencabutan bulu terlebih dahulu dicelupkan kedalam air hangat dengan suhu antara 126-132 derajat Fahrenhait (52,22 – 55,55 derajat) selama setengah sampai satu menit.

II. Pencabutan bulu

Pencabutan dalam jumlah besar dapat digunakan alat pencabut bulu mekanis (Fasther Plucker) yaitu silinder dengan logam yang dilengkapi dengan jari-jari dari karet. Dasar silinder berputar digerakan tenaga listrik sedangkan dindingnya digunakan jari-jari karet dikedua bagian silinder dsb, akan mencabuti bulu ayam dengan cepat.

III. Mengeluarkan isi perut

Pengeluaran isi perut kadang-kadang disukai konsumen karena ayam yang telah dipotong lebih banyak dan kelihatannya menarik. Pengeluaran isi perut dilakukan dengan pemotongan kulit. Dan otot sekitar rongga perut harus dikeluarkan dengan hati-hati. Setiap pelepasan penggantung alat tubuh dipoles secara hati-hati, perlu diperhatikan agar empedu tidak pecah dan akan merusak daging.

IV. Pengepakan

Bila telah seledai diolah mulai dari pemotongan sampai pengeluaran isi perut ayam, ayam yang telah dipotong dipak atau dibungkus dengan plastik setelan dicuci dan dikeringkan.

Dalam pengepakan ini sebaiknya bebas udara sehingga plastik pembungkus sangat ketat melekat pada karkas. Hal ini dimaksudkan selain menarik perhatian juga menghalangi pencernaan bakteri dan menghemat tempat penyimpanan.

V. Pendinginan

Dalam pengolahan modern dengan jumlah yang banyak sebelum ayam disimpan dalam kamar pendingin, karkas perlu didinginkan. Untuk mempermudah pembekuan dan juga supaya ayam tidak banyak berubah bila disimpan dalam waktu lama.

Pendinginan dilakukan satu atau dua kali, pertama setelah dikeluarkan isi perut, kedua sebelum penyimpanan dikamar pendingin. Pendinginan dilakukan dengan merendam karkas yang sudah bersih dalam tangki yang diisi air dan balokan-balokan es dengan suhu 40 derajat Fahrenheit (4,40 derajat celcius) selama 3 – 8 jam.

Pembekuan merupakan langkah yang amat menentukan jika ayam akan dipasarkan cukup lama. Cara yang sering digunakan adalah metode kering yaitu dengan udara dingin yang bergerak dan pembekuan cair dengan  larutan garam.

Lama pembekuan bervariasi antara 4-14 jam tergantung ukuran ayam serta bahan yang digunakan untuk pengepakan. Penyimpanan dingin untuk waktu yang lama dilakukan dalam ruangan yang beralat pendingin dengan suhu -10 derajat Fahrenheit (-23,12 derajat celcius sampai 0 derajat  fahrenheit (-17,77 derajat fahrenheit).

*Berbagai sumber

(Visited 43 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *