fbpx
Suara Peternakan

Begini Cara Pemberian Pakan Burung Merpati dan Jenis Makanannya

Suarapeternakan.com – Anak burung merpati menempatkan paruhnya kedalam mulut induk atau ayah untuk mengambil suatu zat menyerupai keju yang disebut susu merpati (pigion milk). Susu merpati ini sifatnya khas dan unik, merupakan sekresi dari tembolok (crop). Tidak seperti jenis unggas lainnya, ayah dan induk merpati berperan secara bersama-sama dalam memberi pakan kepad anak-anaknya,

Sehingga jika anda ingin memelihara satu burung dara saja, anda harus memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan perhatian kepadanya. Sekarang kita akan bahas mengenai makanan yang di sukai oleh burung dara ini, berikut ulasannya.

Masalah gizi untuk merpati hampir sama saja dengan jenis-jenis unggas lainnya. Satu perkecualian adalah merpati membutuhkan grit untuk membantu menggiling dan mencerna biji-bijian yang di makan. Sebenarnya cukup sederhana saja kalau kita perhatikan, kebanyakan dari kita cukup memberikan biji-bijian seperti jagung yang kering.

Grit (bebatuan) sangat diperlukan untuk menggiling dan mencerna biji-bijian kering yang dimakan merpati. Adapun susunan pakan dapat terdiri dari jagung 35%, kacang kapri 22,7%, gandum 19,8%, dab milo 18%. Konsumsi biji-bijian sekitar 100-150 g. Frekuensi pemberian pakan bisa dilakukan dua kali sehari.

Pemberian biji-bijian yang masih basah atau segar (baru dipanen) dapat menimbulkan diare atau bahkan kematian pada anak maupun merpati dewasa. Pakan merpati minimum mengandung kadar protein 14%. Konsumsi biji-bijian merpati antara 100-150 gram/ekor/hari.

Pemberian pakan sebaiknya dengan frekuensi dua kali dalam sehari pada jam yang hampir sama yaitu antara matahari terbit sampai jam 9 pagi serta antara pukul 16.00WIB sampai matahari terbenam. Konsumsi hijauan tiap harinya adalah sekitar 100-150 gram untuk setiap pasang merpati.

Pakan untuk merpati yang masih anakan antara lain Jagung, Kacang hijau dan Beras merah.

Jagung

Pakan yang paling umum diberikan adalah jagung, selain mudah didapatkan dipasaran juga murah harganya. Pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali sehari atau 1 kali sehari. Dua-duanya sudah coba dan tidak bermasalah.

Jagung yang diberikan tidak sembarang. Ia bukan jagung pipilan biasa, tetapi jagung madura. Sepintas jagung ini mirip dengan jagung biasa tetapi ukurannya lebih kecil sesuai dengan ukuran mulut merpati. Setidaknya merpati dewasa perlu pakan 37 gram per ekor, remaja 25 gram dan anakan 5-10 gram per ekor.

Pilihan tergantung pada ketersediaan waktu anda untuk memberikan pakan pada merpati anda. waktu yang tepat jika pemberian pakan 2 kali sehari yaitu jam 7 dan jam 4 sore. Waktu fleksibel tergantung waktu anda, yang penting memberikan pakan pada saat terang.

Jika waktu anda hanya cukup memberikan pakan 1 kali dalam sehari, anda cukup memberikannya pada sore hari. Hal-hal yang perlu anda perhatikan saat pemberian pakan.

 Kacang Hijau

Pakan yang direkomendasikan untuk burung merpati yang selanjutnya yaitu kacang hijau, memang saat ini jarang sekali ada pecinta merpati yang memberikan makanan dengan menu karang hijau karena memang untuk harga pakan ini cukup mahal di bandingkan dengan jagung biasa.Untuk pemberian makanan dengan menu kacang hijau bisa anda berikan setiap 2 hari sekali bisa di selang seling atau bergantian dengan menu jagung.

Beras Merah

Makananan burung merpati yang terakhir untuk direkomendasikan yaitu beras merah, beras merah cukup terkenal untuk makanan burung bukan hanya untuk merpati melainkan beberapa jenis burung kicau juga kerap dikasih beras merah untuk itu anda bisa coba rekomendasi makanan burung ini.

Ketika induk betina sudah mengerami telur lebih dari 10 hari, sebaiknya diberikan pakan bernutrisi seperti kacang tanah, kacang hijau, atau milet. Berikan juga suplemen atau vitamin untuk menjaga kesehatan induk.

Para penangkar juga sering menggunakan bahan tradisional untuk menjaga vitalitas merpati balap. Contoh, kunyit sebagai antibiotik, penghilang lelah dan menambah nafsu makan. Rimpang kunyit biasanya dipotong kecil kemudian disangrai.

Tetapi agar khasiatnya lebih bagus, campurkan dengan telur dan madu. Bisanya burung merpati jantan  lebih di perhatikan daripada burung dara betina. sebenarnya keduanya butuh makanan dan vitamin yang sama agar sama sama sehat.

Tips Mengatur Makanan Burung Merpati

Air minum sebaiknya selalu tersedia setiap saat. Buat tempat pakan yang cukup lebar agar merpati tidak berebut. kecuali jika merpati terpisah pada lain-lain kandang. Jangan pernah menempatkan pakan setiap saat, sediakan pakan sesuai waktu yang anda tetapkan saja. Variasi jenis pakan sangat membantu dalam menjaga selera makan merpati.

Pisahkan burung yang selalu membuat keributan saat makan. Perhatikan burung yang tidak kebagian makan agar diberi kesempatan untuk makan cukup. Perhatikan setelah makan, burung harus minum.

Berikan serbuk grit atau kulit telur yang telah kering dan dihancurkan minimal sebesar diameter  jagung terkecil secara berkala seminggu sekali atau 2 minggu sekali.

(Visited 489 times, 2 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *