fbpx
Suara Peternakan

Bank BRI Luncurkan KUR Khusus Peternak Rakyat Pada Lima Wilayah Berbeda

SUARAPETERNAKAN.COM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus Peternakan Rakyat, di Lapangan Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang pada Sabtu, 9 Februari 2019.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dan Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI Priyastomo. Program ini merupakan gagasan dari pemerintah dalam penyaluran KUR khusus peternak Rakyat.

Sekira 5.000 masyarakat yang memadati Lapangan pandesari. Kegiatan ini di fasilitasi langsung oleh Bank BRI. Pemutaran video conference dengan 1.000 peternak di lima wilayah berbeda yaitu Kabupaten Lampung Tengah, Garut, Magelang, Sinjai dan Sumba Timur.

Dilansir dari liputan6.com, Menteri Kooordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, KUR khusus peternak rakyat merupakan perluasan jenis KUR untuk menggerakkan sektor ekonomi tradisional di pedesaan yang dikelolah oleh rakyat.

“Keberpihakan Pemerintah terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kenapa kita perlu menyalurkan KUR secara besar-besaran? Karena kita sangat perlu mengembangkan peternakan. Sementara rakyat juga sangat akrab dengan peternakan.” Ujarnya.

Penyerahan secara simbolik KUR khusus Peternakan Rakyat senilai total Rp 631 juta kepada enam peternak. Bantuan Corporate Social (CSR) berupa lima instansi biogas dan empat mesin pencacah pakan ternak juga diberikan kepada kelompok peternak.

Penyaluran KUR sebesar Rp 4,2 triliun kepada 190 ribu peternak. Penyebaran terbesar di Provinsi Jawa Tengah (24%), Jawa Timur (22%), Sulawesi Selatan (16%) dan Lampung (10%).

KUR khusus peternakan diluncurkan dalam rangka mendukung KUR sektor produksi dan merupakan salah satu bentuk dukungan pembiayaan untuk pengembangan usaha peternak dengan pola khusus.

Pemberian KUR kepada peternak yang mengelola usahanya secara bersama dalam kelompok/ klaster dengan memiliki mitra sebagai off-taker atau penjamin pasar. Dengan begitu, peternak akan memiliki kepastian akses pemasaran.

Sepanjang 2018, Bank BRI telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat dengan total Rp 80,2 triliun kepada lebih dari 3,9 juta debitur di seluruh Indonesia. Apabila ditotal, sejak 2015 hingga 2018, jumlah KUR yang telah disalurkan BRI mencapai Rp 235,4 triliun kepada lebih dari 12,6 juta pelaku UMKM.

Sumber: liputan6.com

(Visited 28 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *