fbpx
Suara Peternakan

Ayam Kampung, Hewan Peliharaan dan Cocok untuk Bisnis

SUARAPETERNAKAN.COM – Ayam kampung adalah jenis ayam peliharaan ditangani dengan cara budidaya komersial yang tidak berasal usul dari galur atau ras. Dihasilkan untuk diambil telur dan dagingnya. Meski ayam kampung tidak mengenal istilah ayam kampung petelur dan ayam kampung pedaging.

Ayam kampung bertelur sebagaimana halnya bangsa unggas lainnya yang mempunyai daging selayaknya hewan pada umumnya. Nama ilmiah ayam kampung adalah Gallus domesticus. Ayam kampung sudah tersebar diseluruh pelosok nusantara.

Semenjak dilakukannya program pengembangan, pemurnian dan pemuliaan, saat ini dikenal beberapa ras unggul ayam kampung. Kini dikenal dengan ayam buras atau ayam bukan ras. Setelah diseleksi dan dipelihara, dengan melakukan budidaya yang tidak sekadar diumbar dan dibiarkan mencari makan sendiri.

Era sekarang peternak ayam kampung mempunyai peranan yang cukup besar dalam mendukung ekonomi masyarakat pedesaan. Ayam kampung memiliki adaptasi yang tinggi terhada lingkungan dan pemeliharaannya relatif lebih mudah.

Sejarah ayam kampung dimulai dari generasi pertama ayam kampung bersal dari keturunan ayam hutan merah (gallus gallu). Sejak zana Kerajaan Kutai ayam kampung ini dikenal. Pada zana kerajaan Kutai, ayam kampung merupakan jenis persembahan untuk kerajaan sebagai upeti dari masyarakat setempat.

Kebiasaan beternak ayam kampung akhirnya ayam ini mudah dijumpai ditanah air. Sekarang ayam kampung sudah bersifat bisnis.

Ayam buras biasanya dipelihara secara subsisten. Dibanding ayam ras, jenis ayam buras memiliki pertumbuhan yang lambat dan bobot tubuhnya kecil. Sehingga tidak cocok dijadikan usaha ternak komersial. Ayam jenis ini lebih cocok dipelihara sebagai hobi atau usaha sampingan. Namun karena permintaan terhadap daging dan telur ayam buras yang tinggi, banyak pihak yang mencoba mengembangkan ayam buras untuk diusahakan secara komersial.

Terlepas dari kelemahannya, jenis ayam buras terutama yang lokal, memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya pemeliharaannya tidak ribet, kandangnya tidak harus taat pada persyaratan tertentu dan sesuai dengan iklim dan lingkungan lokal. Relatif lebih tahan terhadap penyakit. Serta harga jual daging dan telurnya lebih tinggi dibanding jenis ayam ras.

Perkawinan silang antara ayam telah menghasilkan berbagai jenis ayam di muka bumi ini. Dan ayam yang paling terkenal dan yang sering kita temui adalah jenis ayam petelur. Ayam peliharaan juga sering dikawinkan dengan ayam hutan yang menghasilkan jenis ayam bekisar.

Pada tahun 2003 jumlah populasi ayam yang hidup diseluruh dunia sejumlah 24 milyar ekor. Encyclopaedia mengatakan bahwa jumlah ini lebih banyak dari jumlah burung yang ada di dunia. Ayam mempunyai dua sumber protein dalam makanan yaitu pada telur dan dagingnya.

Sebagai hewan peliharaan, ayam memiliki kemampuan beradatasi sangat baik. Ayam juga sangat adaptif atau dapat disebut dengan hewan yang bisa hidup di sembarang tempat. Dengan syarat tempat itu mempunyai sumber makanan bagi ayam, ayam juga termasuk golongan hewan pemakan segala.

Ayam kampung disukai karena memiliki daging yang kenyal dan berisi, tidak lembek dan tidak berlemak. Salah satu masakan Indonesia banyak yang digunakan adalah ayam kampung. Daging ayam kampung tahan terhadap pengolahan dan tidak mudah hancur. Kandungan nurisi yang lebih tinggi.

Pada bagian daging dada termasuk makanan utama atlet binaraga. Dagingnya mengandung 19 jenis protein dan asam amino yang tinggi. Kadar lemak yang relatif yang rendah dibanding pada bagian pahanya.

Ayam kampung dipelihara digunakan sebagai sumber protein hewani baik berupa telur maupun daging. Kotorannya juga dimanfaatkan sebagai pupuk maupun pakan ikan. Sebagai sumber peotein hewani telur dan daging mengandung asam amino sesensial. Asam amino esensial dibutuhkan oleh tubuh dan berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Agar bisa berproduksi dengan baik maka harus diberikan pakan yang cukup. Memberikan pakan dengan komposisi nutrisi yang tepat. Ayam kampung memiliki tingkat produksi telur yang tinggi. Berat telur ayam kampung berkisar antara 26,27-55,4 gr dengan rataan 45,46.

Sumber: Wikipedia

(Visited 13 times, 1 visits today)

Related Articles