fbpx
Suara Peternakan

Ayam Hutan Hijau Nenek Moyang Ayam Peliharaan di Nusantara

SUARAPETERNAKAN.COM – Ayam hutan hijau (Gallus varius) termasuk dalam kelompok unggas dari suku phasianiedae, keluarga ayam, puyuh, merak, dan sempidan. Ayam ini merupakan nenek moyang ayam peliharaan di Nusantara. Menurut tempatnya ayam ini diberi nama seperti canghegar atau cangehgar, ayam alas, ajem allas atau tarattah.

Foto: Youtube

Merujuk pada warna dan tempat asalnya dikenal dengan green junglefowl, javan junglefowl, forktail atau green javanese junglefowl.

Status konservasi: Risiko rendah

Klasifikasi ilmiah:
kongdom (animalia)
Filum (Chordata)
Kelas (Aves)
Ordo (Galliformes)
Famili (Phasianidae)
Genus (Gallus)
Spesies (G.varius)

Nama binomial
Gallus varius (Shaw, 1798)

Foto: Jualo.com

Ayam hutan hijau merupakan jenis burung yang berukuran besar, panjang tubuh total yang dihitung dari ujung paruh dan ujung ekor sekitar 60 cm pada ayam jantan, dan 42 cm pada ayam betina.

Pada ayam jantan jenggernya tidak bergerigi tepinya berwarna merah dengan kebiruan ditengahnya, bulu pada leher tengkuk dan mantel hijau berkilau dengan tepian margin kehitaman, tampak seperti sisik ikan.

Pentup pinggulnya berupa bulu panjang meruncing kuning keemasan dengan tengah berwarna hitam. Sisi bawah tubuh hitam, ekor hitam berkilau kehijauan.

Ayam betina lebih kecil, memiliki warna kuning kecoklatan bergaris dan bintik hitam. Iris merah, paruh berwarna keputihan dan kaki kekuningan dan agak kemerahan.

Foto: Harga.info

Sesuai dengan namanya, ayam ini menyukai daerah terbuka dan berpadang rumput, tepi hutan dan daerah dengan bukit-bukit rendah dekat pantai. Bentuk penyebaran di Jawa dan kepulauan Nusa Tenggara yaitu Bali.

Ayam hutan hijau hidup di Jawa Barat pada ketinggian 1.500 m dpl, Jawa Timur hingga 3.000 m dpl dan di Lombok hingga 2.400 m dpl.

Pagi dan sore biasanya mencari makan ditempat terbuka dan berumput, pada siang hari berlindung di bawah naungan tajuk hutan. Makanannya yaitu aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing, kodok dan kadal kecil.

Saat mencari makan, ayam ini tampah 2 sampai 7 ekor atau lebih. Mencari makanan di rerumputan di dekat kumpulan ungulata besar. Ayam ini juga senang membongkar dan mengais-ngais kotoran hebovora untuk mencari biji-bijian yang belum tercerna.

Pada malam hari kemudian tidur di rumpun bambu, perdu=perduan dan daun-daun palem hutan pada ketinggian 1,5 sampai 4 meter diatas tanah.

Waktu berkembangbiak pada bulan Oktober-November di Jawa Barat. Pada bulan Maret-Juli di Jawa Timur. Sarangnya dibuat diatas tanah yang dilapisi rumput. Produksi telur hingga 3-4 butir untuk siap dierami.

Kelebihan ayam ini memiliki kemampuan untuk terbang selama beberapa minggu. Ayam dewasa mampu terbang seketika dan vertikal ke cabang pohon di dekatnya pada ketinggia 7 m atau lebih. Mampu terbang lurus hingga beberapa ratus meter dan terbang dari pulau ke pulau yang berdekatan dengan melintasi laut.

Foto: gambar ayam 36

Pagi dan petang hari, ayam jantan berkokok dengan suaranya yang khas, nyaring sengau. Mula-mula bersuara cek-kreh.. berturut-turut beberapa kali seperti suara bersin, diikuti dengan bunyi cek-ki kreh.. 10 – 15 kali, dengan jeda waktu beberapa sampai belasan detik, semakin lama semakin panjang jedanya.

Kokok ini biasanya segera diikuti atau disambut oleh satu atau beberapa jantan yang tinggal berdekatan. Ayam betina berkotek mirip ayam kampung, dengan suara yang lebih kecil-nyaring, di pagi hari ketika akan keluar tempat tidurnya.

Ayam hutan hijau adalah kerabat dekat leluhur ayam peliharaan, ayam hutan merah (Gallus gallus). Ayam hutan merah yang menyebar luas mulai dari Himalaya, Tiongkok selatan, Asia Tenggara, hingga ke Sumatra dan Jawa.

Pada pihak lain, ayam-hutan hijau tersebar di Jawa, Bali dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya. Ayam hutan dari Jawa Timur dikenal sebagai sumber tetua untuk menghasilkan ayam bekisar.

Sumber: wikipedia

(Visited 436 times, 2 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *