fbpx
Suara Peternakan

10 Negara Penghasil Susu Kambing Terbaik Dunia

Suarapeternakan.com – Ternak Kambing (Capra aegagrus hircus) merupakan salah satu subspesies kambing, berasal dari Asia Barat Daya dan Eropa Timur. Merupakan anggota dari keluarga Bovidae dan bersaudara dengan dengan biri-biri karena keduanya tergolong dalam sub family Caprinae.

Sekira 300 jenis kambing yang berbeda, salah satu diantaranya speies yang paling lama di ternakkan. Penghasil susu, daging, bulu dan kulit diseluruh dunia. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), tahun 2011, populasi kambing yang hidup di seluruh dunia mencapai 924 juta.

Kambing sudah dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu. Biasanya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua. Sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Salah satu jenis susu yang dapat bersaing sengit dengan susu sapi adalah susu kambing. Susu kambing memiliki berbagai manfaat dan nilai gizi yang tidak dimiliki pada susu sapi. Selain itu, susu kambing juga hanya menyebabkan lebih sedikit peradangan di perut dibandingkan susu sapi.

Manfaat susu kambing adalah menyehatkan jantung, membantu mengurangi kemungkinan penyakit jantung seperti serangan jantung dan aterosklerosis. Pada susu kambing terdapat protein untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta mengandung lebih banyak kalsium daripada jenis susu lain yang tentunya ideal untuk tulang yang kuat.

Selain itu, susu kambing juga digemari dari segi bisnis karena mampu menghasilkan pendapatan yang menjanjikan.

Dilansir dari worldatlas.com, berikut Negara penghasil susu kambing terbaik dunia.

Yunani

Somalia

Turki

Spanyol

Perancis

Mali

Pakistan

Sudan

Bangladesh

India

(Visited 77 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *